Home » , » Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup (Resume) Yang Benar – Bagian 2

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup (Resume) Yang Benar – Bagian 2

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup (Resume) Yang Benar – Bagian 2

Resume
Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup (RESUME)-Bagian 1,  disarankan kamu membaca terlebih dahulu artikel tersebut karena keduanya saling berhubungan untuk memaksimalkan hasil dari tips ini.

Memaksimalkan Jenis Kertas, Foto, Huruf, Dokumen Pendukung lainnya

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup (RESUME) ini maka simak poin-poin berikut ini:
Baca Juga : 
Tips Ampuh Menghadapi Phsicology Test (PSIKOTEST) 
4 Tips Pindah Kerja ke Bagian Lain 
Tips Mencari Pekerjaan Baru Saat Masih Bekerja

1. Pergunakan kertas putih (Polos)

Jangan menggunakan background berwarna apalagi bergambar, buat RESUME sendiri jangan gunakan yang dijual di toko, karena akan mengesankan kamu tidak profesional.

2. Ketik dengan Font Standar

RESUME sebaiknya diketik agar lebih rapi. Pergunakan ukuran huruf standar seperti Times New Roman atau Arial dan gunakan font warna hitam.

3. Foto terupdate

Lampirkan foto terbarumu berukuran 4x6 atau 3x4. Pergunakan foto berwarna dengan pakaian resmi seperti jas lengkap beserta dasinya.

4. Lampirkan Dokumen pendukung

Lampirkan dokumen dalam bentuk photocopy sebagai bukti apa yang kamu tuliskan dalam RESUME, seperti: ijazah, sertifikat atau penghargaan, transkrip nilai, dll. Lampirkan dokumen yang sesuai (relevan) dengan lamaran kerjamu.
Perhatikan : jika transkrip nilaimu jelek jangan lampirkan, tetapi jika penyeleksi kerja meminta melampirkannya, baru kamu lampirkan.

CATATAN PENTING :

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup (RESUME)-Jujur

Jangan pernah menulis RESUME dengan berbohong seperti menulis pengalaman kerja yang tidak pernah ada.

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup (RESUME)-Jumlah Page RESUME

Kebanyakan RESUME ditulis dalam satu atau dua halaman. Tetapi jika memang riwayat karir kamu sangat banyak, dan kamu anggap itu penting untuk dilampirkan, maka kamu  dapat menambahkan hingga 3 (tiga) halaman RESUME  sebagai lampiran. Namun untuk Surat Lamaran Kerja, tetap buat 1 (satu) page atau halaman.

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup (RESUME)-Ejaan & Bahasa

Jangan sampai ada kesalahan penulisan, ejaan, tanda baca atau tata bahasa. Setelah selesai menulis baca ulang resumemu untuk menghindari kesalahan penulisan.